Sabtu, 12 Januari 2013

Silaturahim IKPM di SI PPI Dunia (India-7)

Alumni Gontor di SI PPI Dunia 2012 di India
Untuk ketiga kalinya saya mengikuti acara perkumpulan mahasiswa Indonesia di luar negeri yang berskala internasional. Artinya perkumpulan itu dihadiri palajar Indonesia dari berbagai negara di dunia. Dan perkumpulan ini diadakan secara resmi oleh sebuah organisasi pelajar Indonesia di luar negeri.

Pertama di Kairo, Mesir saat menghadiri acara Workshop Internasional dan Sosialisasi Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) pada Juli 2010. Yang kedua pada Simposium Internasional (SI) PPI Dunia di London, Inggris pada Oktober 2010. Dan ketiga SI PPI Dunia di New Delhi India pada akhir Desember 2012.

Hampir di setiap pertemuan itu saya menemukan teman-teman alumni Gontor. Mereka adalah para delegasi yang diutus oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di negara tempat mereka belajar. Dan saat ini alumni Gontor yang sekolah di luar negeri paling banyak terdapat di negara Mesir.

Saking banyaknya alumni Gontor di Mesir, saat saya berkunjung ke sana pertengahan 2010 itu, banyak yang menjemput kami yang datang dari Turki, baik dari panitia acara maupun teman sendiri yang sengaja datang ke bandara dan menyiapkan mobil untuk kami. Saat itu yang dari Turki ada saya dan Christian Kuswibowo, dua-duanya alumni Gontor.

Alumni Pondok Modern Darussalah Gontor di Kairo, Mesir sendiri sudah lama memiliki wadah perkumpulan bernama Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Kairo. Dan para alumni itu menyebar di berbagai organisasi primordial seperti Keluarga Mahasiswa Jakarta, Keluarga Mahasiswa Banten, Keluarga Mahasiswa Jawa Timur dan sebagainya.

Dan umumnya yang menjadi ketua IKPM Kairo bisa menjadi ketua PPI Mesir atau PPMI Mesir. Bahkan tahun 2012-2013 ini alumnus Gontor selain memimpin PPMI Mesir, organisasi mahasiswi Wihdah di Kairo juga dipimpin alumnus Gontor Putri yang juga menjadi delegasi pada SI PPI Dunia di New Delhi, India.

Saat pertemuan I-4 di Mesir, alumni Gontor yang menjadi delegasi datang dari berbagai negara, seperti Turki, Iran, Suriah dan Yordania. Sementara di yang menjadi delegasi pada SI PPI Dunia di Inggris yaitu Turki, Iran dan Libya. Sedangkan pertemuan pada SI PPI Dunia di India ada saya dari Turki, Firman dan Heryanto dari Pakistan, Fakhrurrazi dari Sudan serta Jamil dan Nurul dari Mesir.

Saya selalu senang dan bangga bertemu dengan para alumni ini. Mereka adalah orang-orang terpilih dari negaranya masing-masing. Selain itu mereka juga selalu mewarnai pada pertemuan-pertemuan skala internasional itu. Kalau saya hanya kebetulan saja bisa datang ke acara-acara itu. Para delegasi ini juga adalah para aktivis IKPM di negaranya masing-masing.

Saya dan Delegasi PPMI Mesir
Jamil ketua PPMI misalnya adalah mantan ketua IKPM Kairo. Atau Firman dan Heryanto dari IKPM Pakistan yang juga aktivis PPMI Pakistan. Dan kami yang di Turki juga akhirnya mendirikan IKPM Turki pada 17 Juni 2012 meski anggotanya hanya sekitar belasan orang.

Silaturahim adalah bentuk ibadah yang mengasikan. Selain bisa bertemu dan berbincang dalam bahasa Arab khas Gontor, juga dapat bertukar pengalaman tentang belajar di negeri orang. Banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan dalam silaturahim ini. Juga dapat mengingat nostalgia di sebuah pesantren di sebuah perkampungan. Bahkan, meski alumni itu tak pernah bertemu di pondok.

Saya teringat sahabat seangkatan saya yang sekampung yang juga alumnus Gontor yang pernah menjadi ketua IKPM Kairo dan mantan ketua PPMI Mesir. Namanya Yazid. Akhir tahun 2007 lalu dia bertandang ke kost saya di Ciputat. Saya menemaninya jalan-jalan berkeliling Jakarta dan Rangkasbitung. Rumah kami berdua hanya berbeda desa dan terpaut sekitar empat kilometer di Kabupaten Lebak.

Kami banyak bercerita tentang aktivitas kami masing-masing. Saya yang waktu itu sudah sibuk mempersiapkan skripsi, eh, si Yazid ini malah bercerita tentang akan keberangkatannya ke Belanda dalam rangka SI PPI Dunia di sana. Saat itu saya berkhayal semoga saya dapat sekolah ke luar negeri dan dapat juga bergabung dengan PPI Dunia. Dan tidak lama khayalan itu terkabul setelah silaturahim terjadi.

(bersambung)

4 komentar:

  1. sukses utk IKPM ^_^,.

    hm... bulan juni nanti ada simposium PPI timur tengah di Mesir..
    yooo yg berminat,, ahlan ahlaaan :D

    #dlam hati ka" deden (udah bosen) hhaha :))

    BalasHapus
  2. Hahaha, mungkin yang lain aja yang jadi delegasinya. Eh tapi PPI Turki akan jadi tuan rumah Simposium PPI Eropa dan Amerika akhir Mei ini, insyaAllah.

    BalasHapus