Selasa, 27 Februari 2024

TV9 SEBAGAI MEDIA ISLAM ASWAJA PERSPEKTIF INTITUTION

 TV9 SEBAGAI MEDIA ISLAM ASWAJA PERSPEKTIF INTITUTION

Authors
Eko Yudi Prasetyo, Deden Mauli Darajat, Muhamad Afdoli Ramadoni
Publication date
2022
Journal
VIRTU: JURNAL KAJIAN KOMUNIKASI, BUDAYA DAN ISLAM
Volume
2
Issue
1
Pages
31-46
Publisher
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Description
Artikel ini ditulis untuk mencoba untuk menjawab pertanyaan, bagaimana TV9 Aswaja sebagai media Islam perspektif Institution? Seperti apa TV9? Sejauhmana TV9 menintegrasikan nilai-nilai Aswaja dalam program dakwahnya? Bagaimana respon masyarakat terhadap program dakwah TV9? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Institusi Media perspektif Gill Branston dan Roy Stafford terhadap TV9 Aswaja. TV9 adalah televisi lokal Surabaya yang berkonsep religi dengan sajian program yang santun dan menyejukkan. TV9 secara umum mempunyai perbedaan dengan stasiun televisi lainnya, di antaranya TV9 tidak ada iklan dalam programnya, karena ia lebih menekankan pada konsep dakwah serta tinjauan Islam yang berdasarkan Ahlussunnah Wal Jama’ah. Sedangkan dengan stasiun televisi sekuler dan lokal lainnya yang lebih fokus pada lifestly kekinian dan komersialitas. TV9 lebih menekankan edifikasi perusahaan, melalui pemberian informasi secara jujur kepada publik, terpecaya serta mempromosikan kebaikan.
Scholar articles
EY Prasetyo - Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya dan Islam, 2022

PDF: Link

0 komentar:

Posting Komentar