Kamis, 28 Juli 2022

Dakwah dalam Perspektif Organisasi Produksi

 Dakwah dalam Perspektif Organisasi Produksi

MI Abbas, DM Darajat
Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Dakwah 3 (1), 37-51

Abstrak Penelitian ini menjawab pertanyaan bagaimana dakwah media sosial konten video keislaman di Youtube Bayt Al-Quran dalam perspektif organisasi produksi. Terkait apa saja yang dipersiapkan pada proses pra produksi dan hal apa yang dilakukan saat proses produksi serta strategi yang dilakukan dalam mempublikasikan konten video keislaman. Bayt Al-Quran merupakan masjid dan pesantren dalam naungan Pusat Studi Al-Al Quran. Salah satu kegiatan dakwah yang dilakukan yaitu menyuguhkan video kajian keislaman melalui Youtube. Youtube yang sudah familiar bagi khalayak ini banyak dimanfaatkan bagi perkembangan dakwah. Konten video yang dihasilkan dibuat melalui serangkaian proses produksi hingga video kajian bisa diikuti melalui platform Youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitis dengan menggunakan tiga teori yang berkaitan organisasi produksi, yaitu Pra Produksi, Produksi dan Pasca Produksi dari Gill Branston dan Roy Stafford terhadap produksi konten keislaman di Bayt Al-Quran. Bayt Al-Quran sebagai organisasi dakwah menyuguhkan konten-konten bermuatan positif pada platform Youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kendala dalam proses produksinya namun pembuatan Bayt Al Quran mampu mengatasinya. Konten video yang selesai diproduksi kemudian disebarluaskan melalui platform Youtube. Konten video yang telah diunggah memungkinkan dapat ditonton oleh khalayak kapanpun dan dimanapun. Kata kunci: Dakwah; Youtube; Video; Produksi; Organisasi. 

Unduh: PDF


0 komentar:

Posting Komentar