Jumat, 11 Oktober 2013

Hidayah untuk Siapa Saja



Saya yakin bahwa hidayah datang kepada orang yang dikehendaki Allah SWT. Hidayah atau petunjuk itu terkadang datangnya pun tak terduga. Meski selalu ada tahapan-tahapan untuk jalan mendapatkan hidayah ini.

Alkisah, seorang ibu yang akhirnya mengenakan kerudung dalam kesehariannya. Saya mengenal ibu ini sejak tinggal di Turki dan kini menetap di Jakarta. Awalnya, ibu ini, seperti wanita-wanita yang tak berkerudung mengenakan pakaian yang tidak menutup kepalanya. Namun si ibu ini selalu semangat kalau untuk belajar Islam.

Pengajian atau kajian Islam ibu-ibu di Ankara salah satu pencetusnya adalah ibu ini. Bahkan untuk pengajian rutin ibu-ibu Ankara tiap hari Rabu pertama kali diadakan di rumahnya. Suatu Rabu ibu ini mengenakan kerudung tertutup rapi, saya melihatnya pangling. Siapa gerangan orang ini, pikir saya, cantik dengan berkerudung.

Kami mengenal Bu Tam, panggilan saya untuk ibu ini, adalah orang yang baik budi pekertinya. Saya sudah menganggapnya sebagi guru saya. Saya merasa mendapatkan pelajaran jika berdiskusi dengannya. Ia jarang bicara yang tidak bermanfaat. Ia selalu mengucapkan minta tolong dan terimakasih jika membutuhkan bantuan saya.

Saya pernah mendengar bahwa Bu Tam, sejak di Turki memang sudah berniat untuk mengenakan kerudung. Tetapi sampai ia meninggalkan Turki, karena berakhirnya tugas sang suami, belum juga mengenakan kerudung. Hingga suatu hari saya mendapat kabar bahwa si ibu sudah paten mengenakan kerudung. Alhamdulillah.

Lihatlah cara Allah dalam memberi hidayah dalam kisah ini. Ada tahapan-tahapan. Seperti keinginan kuat dalam mempelajari Islam. Sempat suatu hari ia bertanya pada saya tentang sebuah Tafsir yang bagus yang ingin ia pelajari sebelum kembali ke Jakarta. Keinginan kuat dalam hati, doa yang terpatri tiap hari, keluarga yang meridhai, hingga akhirnya Allah memberikah hidayah kepadanya.

Banyak kisah tentang hidayah ini. Seperti seorang pembunuh yang sudah membunuh 99 orang lalu menghadap rahib. Namun rahib mengatakan Tuhan tidak akan mengampuni dosanya, lalu si pembunuh ini menuntaskan membunuh orang menjadi 100 nyawa. Dan ia kemudian tetap mencari petunjuk bagaimana mendapatkan ampunan dan taubatnya. Allah pun mengampuninya.

Atau kisah seorang pelacur yang memberi air minum seekor anjing yang kehausan. Sang pelacur dengan susah payah mengambil air di dalam sumur dan memberikannya kepada anjing. Allah mengampuni segala dosanya. Meski manusia sekitarnya tetap mengecap dirinya sebagai pelacur laknat.

Inilah hidayah yang diberikan, bahkan kepada orang yang dianggap oleh manusia sebagai orang terhina, namun Allah Yang Maha Pengasih mengangkat derajat orang ini karena keinginan kuat dalam dirinya untuk memperbaiki hidupnya.

Hidayah bisa datang kepada siapa saja yang dikehendaki. Hanya kekuatan hati seseorang dan Kemahabaikan Allah yang bisa mengantarkan seseorang mendapatkan hidayah. Dan jika Allah sudah menginginkan sesuatu, maka alam semesta dan manusia terkuat pun tak akan dapat menghalanginya.

Dalam setiap rakaat shalat kita diwajibkan membaca surat Alfatihah. Dalam dua ayat terakhir disebutkan, “Tunjukilah kami jalan yang lurus. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Kita dapat mengambil hikmah dalam surat Alfatihah ini bahwa, kita selalu diperintahkan untuk selalu meminta hidayah kepada Allah. Sebuah jalan yang lurus. Hingga akhirnya kita termasuk golongan orang-orang yang diberi nikmat, bahkan sampai nanti di akhirat.

Dulu saya pernah berpikir bahwa kepastian di dunia ini adalah ketidakpastian. Namun sekarang sedikit berubah. Bahwa tidak ada kepastian di dunia ini kecuali kematian. Yap, kematian adalah satu-satunya yang pasti datang kepada makhluk yang bernyawa.

Benar kata kyai saya, Kyai Hasan, bahwa saat ini orang-orang banyak berpikir dan berbuat bagaimana cara hidup yang baik tapi lupa bagaimana cara mati yang baik. Artinya bagaimana cara mendapatkan husnul khatimah, kematian yang baik.

Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu diberi hidayah oleh Allah dan menjadi husnul khatimah, Amin ya Rabbal’alamin.





0 komentar:

Posting Komentar