Senin, 02 Juli 2012

Agama Pimpin Derajat




Nama adalah doa. Begitu yang saya pahami. Saya bukan penganut paham, apalah arti sebuah nama. Tulisan ini bercerita tentang asal-usul dan tafsiran nama saya. Ibu saya bilang, mengapa nama saya Deden, itu karena saya adik dari kembaran saya Dadan. Kakak dalam bahasa Sunda adalah Aa, sementara adik adalah Dede. Agar terdengar apik, kata ibu saya, maka namanya disempurnakan menjadi Dadan dan Deden, alias kakak dan adik.


Sementara Mauli, kata kedua nama saya, diberikan karena saat itu sedang Maulid Nabi Muhammad, atau perayaan hari lahirnya Rasulullah Saw. Dan nama ujung saya adalah Darajat, yang berarti orang yang berderajat tinggi, insya Allah, amin. Ini tafsiran ibu yang melahirkan saya tentang nama yang diberikan kepada anak bungsunya.


Tafsiran saya beda lagi. Sebab, saya yakin, tidak ada yang terlewatkan di dunia ini selain semuanya dalam kehendak Yang Mahakuasa, Sang Pencipta kita. Dan Tuhan sudah menggariskan apapun atas diri kita. Semua sudah tertulis dalam lauhul mahfudz-Nya. Hanya saja manusia dengan segala keterbatasannya, tak mengerti tentang masa depan dan rencana Tuhan. 


‘Deden’ dalam tafsiran saya adalah berasal dari kata de-den, pengulangan kata sebagai salah satu ciri khas nama Sunda. Den atau din dalam bahasa Arab berarti agama. Kata din–secara etimologi–berasal dari bahasa Arab, artinya: patuh dan taat, undang-undang, peraturan dan hari kemudian. Maksudnya, orang yang berdin (Islam) ialah orang yang patuh dan taat terhadap peraturan dan undang-undang Allah untuk mendapatkan kebahagiaan di hari kemudian.


Kata ‘Mauli’ berasal dari bahasa Arab yang berarti, pemimpin. Asal kata Mauli dalam bahasa Arab adalah wala ,yuwali, wali, mauli. Wali diambil dari lafadz al-walayah berarti al-mahabbah (kecintaan) dan al-qarbu (kedekatan). Arti mauli bisa bermakna, pemimpin, pencinta dan dekat. Jika Maulana artinya untuk jamak yang berarti pemimpin kami, sementara Mauli untuk tunggal yang berarti pemimpin saya.


Dan kata ‘Darajat’ pun berasal dari bahasa Arab, yang berarti derajat, pangkat, atau kedudukan. Jadi jika digabung nama Deden Mauli Darajat bisa berarti, agama yang mengarahkan pangkat atau kedudukan. Atau agama yang memimpin kekuasaan. Atau ajaran Tuhan mendekatkan pada kedudukan di dunia dan akhirat. Atau agama yang memimpin derajat. Ini tafsiran saya.


Yang pasti saya tetap yakin bahwa nama adalah doa. Dan saya berdoa kepada Tuhan, agar agama saya, Islam, mengarahkan dan menguasai kedudukan dan kehadiran saya untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama seperti para manusia pilihan Tuhan yang tertulis dalam kitab suci, dan itu seperti nama yang diberikan ibu saya. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar